Powered By Blogger

Minggu, 05 Januari 2014

Balada Mahasiswa/i Teknologi Pangan (Semester 1)

Diposting oleh Luneta Aurelia Fatma di 06.03.00
Halloooo :p
Mau cerita nih tentang kuliah gue di jurusan Teknologi Pangan. Nanti akan ada beberapa postingan tentang kehidupan mahasiswa teknologi pangan setiap gue akan mengalami kenaikan semester.
Nah, sekarang masih semester 1. Masih berasa banget mahasiswa barunya. Iya dooong ;p Masih mudah hihi._.
Oh iya...pertama-tama gue akan cerita. Gimana sih Teknologi Pangan itu. Oke, namanya juga 'pangan' ya pasti berhubungan dengan makanan :D yeyeyei :p Teknologi Pangan itu membahas mengenai bagaimana kita mengolah makanan. Bukan sekedar mengolah makanan jadi enak, bukan. Tapi, gimana cara pengemasan, pengawetan, dan lain-lain.
Pasti sulit ya menemukan jurusan Teknologi Pangan. Ya, paling banyak di Perguruan Tinggi Negri. Kenapa jarang? Jarang prospeknya sedikit? Heeeeit, jangan salah. Justru kami mahasiswa teknologi pangan di tuntut sebagai orang-orang yang nantinya membuka lapangan pekerjaan atau ke-wi-ra-u-sa-ha-an! Yaaap. Apa sih kemampuan yang harus di miliki mahasiswa teknologi pangan? Yah, banyak sih. Tapi, asalkan suka dan minat pasti yakin akan enjoy aja kuliahnya.
Oke, ini adalah mata kuliah Tekpang yang ada di Usahid Jakarta.
Kewiraan 2sks
Bahasa Indonesia 2sks
Ilmu Pengantar Ekonomi 2sks
Matematika 3sks
Sosiologi Industri 2sks
Pengetahuan Bahan Pangan 3sks
Pengantar Teknologi Pangan 2sks
Kimia Dasar 2sks
Kimia Organik 2sks
Praktek Kimia 2sks

WHAT! KIMIA BANYAK BANGET!
Jangan kageeeet ya ;) Emang gitu. Iya, emang gitu. Dan itu salah satu alasan kenapa gue mau masuk Tekpang :D hehehehehehe *ketawadevil*
Biologi nyelip-nyelip si Matkul Pengetahuan Bahan Pangan dan Pengantar Teknologi Pangan. Banyak temen gue yang merasa salah jurusan? Kenapa? Mereka kira banyak biologinya, eh ternyata kimia yang ada dan membunuh mereka perlahan hehe. Karena mereka gak survei dulu sebelumnya. Dan, ada beberapa juga yang ngeluh gak kuat di jurusan Tekpang. Naaaah, jangan meremehkan jurusan ini ya :')
Kalo gue, jujur berat banget di mata kuliah ekonomi, bayangkan saja. Gue masuk IPA untuk menghindari mata kuliah itu daaaaan ketemu lagi :''') hiiikshiiiiks
Dan tau gak sih yang  lebih parah apa? Kimia Organik, you know Organic Chemistry? Alkana, Alkena, Alkuna, dan lain-lain. Awalnya sih seru, iya seru :''') Tapi selesai UTS dan kami belajar lagi, dosennya ngajarnya pake tulisan bahasa Inggris. Bayangin aja Kimia Organik di jadiin bahasa Inggris. Itu gimana tulisannya :'') Panjang dan ribet, tapi gapapa itu tantangannya.
Gimana kehidupan anak Tekpang?
Yaaa, seperti anak kuliah kebanyakan. Tugas, tugas, dan tugaaaas! It's okay but....
Nah, permasalan di jurusan gue adalah praktikumnya. Okelah, gue kuliah dari Senin sampai Kamis. Senin pulang jam 2, Selasa jam 2, Rabu-Kamis jam sebelas. Jum'at kalau ada matkul pengganti. Sabtu-Minggu FREE kecuali ada acara kampus, BEM, atau HIMA.
Permasalahannya, selasa jam 2? hihihihi mimpiiiii~ Matkul terakhir di hari itu tuh praktikum kimia dan itu pulang biasanya paling cepet jam 4. Pernah pulang dulu sampai malam :''') Karena kita praktikum dan gak tau selesainya kapan, tergantung prakteknya. Dan, sumpah pas pertama kali gue bener-bener awam. Karena dulu pas SMA jarang banget praktek Biologi atau Kimia malah paling banyak Elektro-_- Tapi, karena gue anak KIR, jadi gue pernah melakukan percobaan-percobaan kimia. Seneng sih praktek, gue juga udah coba buat serbuk kayak minuman kemasan seperti Nutrisar*. Juga, asam benzoat untuk pembuatan sambal. Pokoknya gue selalu kagum saat praktek deh, keren lah :D Cairan berubah warna, bau, dan efek luar biasa lainnya. Tapi, ada beberapa praktek yang harus nunggu beberapa hari. Bebannya itu ada di pengerjaannya laporannya. Nah, ini yang bisa membuat hari Rabu dan Kamis jadi pulang sore huhuhu. Ya, itu gara-gara ngerjain laporan :''''( Daaaaan, udah berusaha maksimal tapi mendapatkan nilai 80 itu susaaaaaaah banget Ya Allah :'( Sabar sabar sabar.
Pelajaran yang paling susah pas ujian adalah Pengetahuan Bahan Pangan dan Matematika. Kenapa? PBP hapalannya banyaaaak banget susu, telur, ikan, daging, dan lain-lain. Itu gak tau ada berapa slide yang harus di hapal. Tapi seru sih nambah pengetahuan hehe. Kalo Matematika, ya gitu deh kita logikanya harus kuat. Gak ngerti nilai jeblok semua sekelas hehe.
Beralih dari tugas. Anak tekpang di kampus gue terkenal pintarnya. Entah emang gimana, kalo anak tekpang nurut-nurut gitu, kalem, gak kayak jurusan lain. Tapi, ada beberapa juga konyol. Pernah main kartu uno di bem padahal dosen udah masuk haha. Pernah juga janjian pake batik sekelas. Kompak lah. Dan kalau gue sama temen-temen deket gue tuh kalau udah pulang atau gak ada dosen (baca : pulang cepat) kita caw wisata kuliner atau sekedar hang-out, lepas beban tugas. Kadang juga sekelas nonton di proyektor haha.
Sejauh ini sih masih seru jadi anak tekpang, ya karena gue suka :D YA, maklum baru semester satu hihi.

11 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah jurusan teknologi pangan ya & banyak kimianya
Aku jurusan Kimia
Salam kenal ya

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Luneta Aurelia Fatma mengatakan...

Hallo salam kenal :) Kuliah dimana?

didi mengatakan...

wah baru tau aku kalau di jurusan ini ada ekonomi juga? hadeh kirain jurusan teknik/teknologi itu gak ada ekonominya haha
makasih kak udah share tentang tekpang
sangat bermanfaat bagi anak2 SMA yg masih memilih2 jurusan

Luneta Aurelia Fatma mengatakan...

Iya de :)
Soalnya ekonomi ini mengarah ke kewirausahaan. Tiap semester ada ekonominya. Semester 2-3 ada Manajemen dan semester 4 ekonomi teknik dan itu mata kuliah wajib

Unknown mengatakan...

kimia nya tu apa ngasih nama metil2 gt kak?

Luneta Aurelia Fatma mengatakan...

Maksudnya?

Unknown mengatakan...

wahh makasih loh kak infonya, aku shock kalo tek.pag ternyata banyakkan kimianya dan ada ekonomi -_-

Luneta Aurelia Fatma mengatakan...

Hallo...
Iya, seimbang kok antara Kimia, Biologi, Fisika :) Cuma ya emang lebih banyak Kimianya sih hehe

Unknown mengatakan...

aduh kayaknya aku butuh kursus kimia deh-_-

Luneta Aurelia Fatma mengatakan...

Awal-awal belajar dari dasara kok hehe

Posting Komentar

My Birthday :)

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers
 

PURPLE CATZ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review