Powered By Blogger

Rabu, 16 Juli 2014

Balada Mahasiswa/i Teknologi Pangan (Semester 2)

Diposting oleh Luneta Aurelia Fatma di 10.18.00


Haiii Inet Licous :3

Yeaaaay!!! I’M FREE!!!
*loncat-loncat* *lari-lari* *nari-nari*
Why? Bukannya emang udah single ya? huhuhu.....
Bukan ituuuu :”(

Senaaaang sekali sudah terbebas dari jeratan semester dua yang seperti neraka itu hiiiks :’( Akhirnya libur tiba...libur yang ‘katanya’ panjang hehe. Kesempatan kali ini aku akan menceritakan bagaimana nasib mahasiswi teknologi pangan seperti aku ini di semester dua. Yuuup!!! Ternyata benar waktu semester satu ternyata cuma kesenangan belaka. Di semester dua banyak banget cobaan untuk aku huhuhu. Di semester satu yang lalu aku berhasil mendapatkan IP 3,32 *prok...prok* dengan susah payah haha *lebay* IP pertama ku berhasil menyentuh angka 3, teman-temanku saja susah mencapai IP itu kecuali yang anak analis. Tapi, sedih ada huruf C di mata kuliah yang terbilang penting.
Inilah nilai yang aku capai :

Kewiraan 2sks A
Bahasa Indonesia 2sks A
Pengantar Ilmu Ekonomi 2sks B
Matematika 3sks B
Sosiologi Industri 2sks B
Pengetahuan Bahan Pangan 3sks C
Pengantar Teknologi Pangan 2sks A
Kimia Dasar 2sks B
Kimia Organik 2sks A
Praktek Kimia 2sks A

Alhamdullilah walaupun gak sesuai target hehe. Jadi Mahasiswa Baru mungkin memang harus agak beradaptasi dengan permberian nilai seperti IP gitu, yah...walaupun sekarang kurikulum SMA sudah mulai memakai sistem penilaian seperti di kuliah. Oke...oke cukup bahas semester satunya. Sekarang kita bahas semester dua yang nyaris buat aku gilaaaa :O Sebenarnya bukan karena kuliahnya juga sih, tapi karena aktivitasku yang mulai banyak.
Di semester 2 ada 10 mata kuliah dengan total 20 sks yang beberapanya aku gak suka :(

Kalkulus 3sks
Agama Islam 2sks
Manajemen Perusahaan Industri  2sks
Bahasa Inggris I 2sks
Praktikum Kimia Analitik 1sks
Kimia Analitik 2sks
Fisika 2sks
Biologi dan Lingkungan 2sks
Teknologi Pengolahan Pangan Nabati 2sks
Kimia Fisik 2sks

Huwaaaa serem banget kan? Iya kan? Iya kaaan? :( Kalkulus, Fisika, Manajemen Perusahaan Industri, Kimia Fisik-____- OMG!!! Sekali lagi, aku lupa kalo aku tuh Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Jadi emang kayaknya harus belajar itu. Oke di semester ini banyak permasalahan. Yang pertama, ada beberapa dosen yang nyebeliiiiin bangeeeet! Gak ngupload materi ke web dan ngadain kuliah pengganti mulu. Helloooow? Enak banget ngadain kuliah pengganti. Capek tau di jejelin mata kuliah langsung seabrek. Pekan Teduh (Minggu Tenang) pun di pakai untuk kuliah pengganti:( Ngeselin banget kan ya? Harusnya untuk nyicil buat belajar. Belajar aja gak bisa, materinya kan belum di upload-_-. Yang kedua, aku tuh kalau udah ketinggalan satu pembahasan jadi males ngikutin pembahasan selanjutnya. Kan setiap bab itu saling berhubungan. Ish, malesin banget tau :( Jadi pusing, apalagi cuma tugas, tugas, dan tugas :( Oh...inikah kuliah? Mulai sumpek sama yang namanya kuliah kalau gak teratur gini. Yang ketiga, hmm...kalau ini sih ya curhat aja sih. Ada kesenjangan antara junior-senior dan teman sejurusan reguler. Jadinya gak nyaman kuliah dengan keadaan berkubu gini:( Maunya sih nyatu dan kompak gitu. Tapi...ya susah sih perlu kesadaran masing-masing. Yang keempat, sudah mulai gak balance antara organisasi dan kuliah. Di semester dua aku mulai aktif ikut Paduan Suara (USAHID Choir), karena sudah mengikuti tes suara pertama Sopran (Pas tes kedua Alto 1 karena suara lagi habis-_-) dan LDK di puncak jadi tanggung jawab sudah besar. Sudah mengikuti beberapa acara juga sih, dan lumayan seru dan keren. Ya, tapi itu mulai menyita waktu kuliah apalagi sempet drop pas mau UTS dan waktu itu UTS tetap latihan buat lomba padus. Aku gak ikut karena kalau di paksain aku di omelin Mama dan gak bisa ikut UTS dan di larang padus lagi. Padus itu latihannya sore sekitar jam 4-5 sore sampai jam 8 malam. Biasanya kalau pulang bisa sampai jam 10 malam, latihannya waktu persiapan banyak event seminggu bisa tiga kali. Kebayangkan gimana bagi waktunya? Sempat beberapa dispensasi gitu hingga ketinggalan pelajaran, bisa sih ngejar tapi gak fokus. Semester 3 nanti juga akan banyak event, apalagi untuk calon MABA, aaaah...semoga bisa balance dan proffesional. Aku juga ikut komunitas Earth Hour Depok, ini komunitas menurut aku keren banget *lebay*, karena kita tuh bener-bener di lepas untuk ngurus komunitas itu. Bagus banget untuk latihan organisasi dan pembekalan untuk kerja nanti. Komunitas ini juga membuat aku lebih peduli lingkungan dan bumi. Nah, banyaaak banget event yang di adakan komunitas ini menjelang hari selebrasi (Akhir Maret) karena kita di tuntut sama Bapak Walikota Depok ngadain acara minimal seminggu sekali. Biasanya tempat rapat kita di Perpustakaan Pusat UI (Lumayan jadi berasa kayak anak UI wahaha
 Komunitas ini pula yang membuat aku harus balance dengan kuliah dan lain-lain. Hmm...lain lagi dengan organisasi Fakultas BEM dan HIMATIP. Karena fakultas aku baru di kampus, kami  ‘dipaksa’ gabung ke salah satu organisasi fakultas. Kalau aku sih emang senang organisasi jadi mau-mau aja. Kami semua pun mengikuti acara LDK gitu u,u Dan waktu LDK di suruh pilih, aku sih memilih untuk masuk dalam BEM. Hmm, tapi sampai sekarang belum jelas itu sistemnya gimana-_- Emblem dan sertifikat pun gak di kasih-kasih. Ya...pokoknya kalau sudah tercatat resmi anggota harus balance antara semua organisasi. Tapi, kalau di suruh milih harus tetap fokus kuliah :) Yang kelima, kisah cinta. Eyaaaa-___- pssst, ada senior yang ternyata udah jadi secret admirer aku dari pas OSMARU (Orientasi Mahasiswa Baru – Masa perkenalan kampus sebelum ospek).  Kan dia panitia ospek gitu, emang udah nginvite aku dari sebelum aku OSMARU-_- Awalnya sih aku suka sama dia karena sifat sama sikapnya mirip sama yaaa...itu tuh cinta jaman SMA. Eh tapi, pas udah deket jadi agak agresif dan aku takut. Pas ke kampus jadi awkward banget deh ketemu dia, apalagi setelah dia menyatakan cinta jadi tambah awkward dan dia menghilang gitu. Aku jadi gak enak :( Dan nyakitin perasaan orang gitu, jadi gimana gitu pas kuliah. Apalagi dia Fakultas Hukum, yang satu lantai sama aku. Merasa bersalah juga nyamain dia kayak cinta SMA aku-_- Apalagi dia mahasiswa tingkat akhir, aduh merasa gak enak banget. Sebelum dia lulus semoga aja dia udah maafin aku, jadi gak ganggu kuliah aku juga:(

Nah itu beberapa permasalahan di semester dua. Ah gak nyangka banget udah melewati masa-masa itu hehe. Dan...you know? Di semester dua aku sering sakit, ngeselinnya jadi bermasalah di absen dan juga paling ngeselin laporan praktikum, itu kan paling penting tapi aku gak masuk dan harus buat makalah dan gak ikut praktek. Apalagi praktikum gak boleh absen, ah...padahal sksnya cuma satu tapi beraaat banget :( Kalkulus juga aku di tunjuk jadi ketua kelas, dan waktu jamannya naik angkutan umum aku sering telat parah sampai satu jam. Dan sekarang...aku alhamdullilah sudah naik kereta kalau berangkat kuliah walaupun sumpek dan desak-desakan. Turun dari kereta berantakan dan bau-_- Makanya aku kalau pulang tetap naik bus dan mikrolet. Lagipula kalau naik kereta lebih banyak akses, naik angkot ke stasiun, naik kereta, turun kereta naik angkot terus naik bus-_- ribet kan?
Permasalahan juga terletak pada masalah transportasi yang membuat aku jadi males kuliah. Males banget ngabisin waktu 4 jam di perjalanan (pulang-pergi), apalagi gak ada dosen dan akhirnya kongkow gak jelas-_- Rasanya capek banget, tapi kalu ngekos pun pasti harus ke Depok juga untuk ke UI rapat EHD. EHD juga lagi sering kongkow di Cammo Milk Bar dan tongkrongan baru Calton Cafe. Kadang ya mau gak mau deh. Di perjalanan di lakukan buat mikir, ah mikirin apaan juga-__- Lagi diri di kereta desak-desakan paling ngeliatin ibu-ibu rempong yang berebutan masuk di gerbong wanita. Pernah waktu itu pengalaman aku lagi masih sakit dan proses penyembuhan, ada mata kuliah pengganti yaitu Kalkulus (dadakan gitu). Papa udah kerja gak bisa nganter ke stasiun, nah aku ke stasiun Pondok Cina (Biasanya kalau di anter Papa ke stasiun Depok Baru, tapi dari terminal jalannya jauh). Pas sudah sampai stasiun aku nyalain BB dan liat di group Tekpang. Dan nyeseeek banget ngeliat pengumuman pengganti di batalkan. Aku kan emang gak punya kartu Flazz atau Kartu apa gitu. Aku pakai kartu sekali perjalanan. Aku udah males banget karena udah lemes nanya ke satpam kalau keluar kena denda atau nggak, akhirnya aku ke stasiun Tebet dulu, langsung beli tiket lagi balik ke Pondok Cina. Konyol banget kan? Hiks sedih banget emang. Pernah juga aku lagi sakit sampai pucet tapi absen aku udah banyak di Kalkulus. Aku mikir kalau aku absen lagi, aku gak bisa ikut ujian. Aku ketua kelas dan kalkulus 3 sks. Gak kebayang bakal hancur nilai aku atau gimana nanti aku ngulang. Agak kesel, kenapa dosen gak telepon aku sih kalau kuliah pengganti di batalkan? Aku merasa gak di hargai jadi ketua kelas :(

Tapi...
Di semester ini ada syukurnya juga sih hehe. Di semester ini UKM Kewirausahaan anak pangan yang megang. Jadilah Inkubator Bisnis, masak-masak gitu hehe. Dan ada perencanaan dari pembina untuk buat cafe kecil-kecilan di lantai 7. Jujur, aku itu gak jago masak. Makanya seneng pas tau ada Inkubator Bisnis, ya walaupun aku milihnya di bagian Divisi Pemasaran. Tapi sebenarnya aku mau di tempatkan di divisi Quality Control, karena aku suka banget nyicipin. Tapi, sayang semuanya aku bilang enak. Cookies kacang merah dan kacang hijau yang hasilnya keras pun aku bilang enak hehe :p Tapi sedihnya, Inkubator Bisnis di adakan tiap hari Sabtu. Aku jadi mikir lagi, karena seperti yang aku bilang. Aku capek di transportasinya:( Sejauh ini di Inkubator Bisnis aku senang nyicipin makanan hehe, makanannya unik-unik seperti es krim kulit pisang rasa stroberi. Aku juga beberapa kali jadi panelis nyicipin hasil kreasi untuk skripsi senior hihi.
Next, syukur selanjutnya aku jadi banyak temen dari beberapa organisasi dan kelas campuran. Waktu itu pernah kelas Bahasa Inggris tiga kelas dari berbagai fakultas di campur jadi satu kelas kecil. Dan itu...sumpek banget-_- Waktu itu yang ngajar dosen asing namanya Sir Paul kalau gak salah. Dan waktu itu aku pakai rok selutut ke kampus, agakjadi  pusat perhatian juga-_- Karena cuma aku yang pakai rok dan ternyata roknya sedikit di atas lutut gara-gara udah jarang aku pakai. Oke, aku tuh mau pakai rok ke kampus. Karena celana jeans udah mulai gak nyaman di pakai. Kalau celana bahan kelihatan aneh banget karena badanku yang kurus. Tapi, kalau pakai rok itu takut terbang sama nyangkut di kereta-___-
Aku juga sekarang jadi makin kompak sama temen deket di kampus ya walaupun pernah ada beberapa konflik. Terakhir kita holiday ke Puncak, padahal baru aja kita Organisasi Lapangan ke Sukabumi. Dari Sukabumi pagi, seru sih jalan-jalan walaupun agak serem pas mau ke tempat kopi gitu nyaris nabrak truk besar. Tegang deh. Nyampe di kampus udah tengah malam, untung yah besoknya aku ke puncak karena nyampe jam segitu aku pulang ke Depok gimana? Di jemput papa? Kesannya nyusahin hehe. Aku sampai kampus ke Cileungsi rumah Ica untuk nginep. Besoknya caw ke Puncak selama 3 hari. Di sana bener-bener happy dan kita coba masak-masak. Anak cowok juga seru-seru. Pulang dari puncak aku naik angkot ke stasiun Bogor, sampai Depok aku kan belum makan. Aku ke Tenda Biru UI dulu, dan ketemu beberapa anak EHD. Eh aku di ajak kongkow. Jadilah aku ke Cammo Milk Bar, aku di omelin Mama-_- yaiyalah aku 4 hari gak pulang, aku sampai nangis sesegukan. Akhirnya sekitar jam 9 aku sampai di rumah. Dan ternyata Mama biasa aja-___- Senin aku harus udah kuliah dan jam pertama Kalkulus. Agak sebel kenapa harus Kalkulus di hari Senin dan jam pertama hiiiiks.

Aduh capek ngetiknya hehe. Itulah pengalaman di Semester 2. Sebenarnya masih banyak cerita yang gak bisa di ceritain satu-satu. Ini cuma kisah seorang Mahasiswi Teknologi Pangan Universitas Sahid Jakarta. Semester selanjutnya aku mau buat banyak target agar gak kayak gini lagi. liburan ini aku akan memperbaiki diri hehe. Selalu semangaaat!!! :)

Salam,

Inet

Oh iya kalau mau liat kisah aku di Semester 1 ini linknya Balada Mahasiswa/i Teknologi Pangan (Semester 1)

0 komentar:

Posting Komentar

My Birthday :)

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers
 

PURPLE CATZ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review