Powered By Blogger

Jumat, 30 Juni 2017

Balada Mahasiswa /i Teknologi Pangan (Semester 7) – Keseluruhan

Diposting oleh Luneta Aurelia Fatma di 05.54.00
Hello Lunitty!
Di Balada kali ini akan ada cerita senang dan sedih, pokoknya campur aduk deh. Di Semester 7 ini benar-benar rasanya perjuangan bangeeeet! Ngerasain apa itu perjuangan dan apa itu pengorbanan. Sebelum melanjutkan cerita di Semester 7, aku akan menceritakan kembali sedikit mengenai Semester 6. Di Semester 6 ada beberapa mata kuliah yang bikin pusing deh, cuma aku tetap semangat. Dan gak nyangka banget di semester 6 ini aku mendapatkan IP nyaris sempurna dan IP tertinggi aku.

Capcus, inilah nilai yang ku peroleh di Semester 6. Yang bikin aku seneeeeng banget!

Kapita Selekta Pariwisata 2sks A
Pengawasan Mutu Pangan 2sks A
Teknik Pengemasan dan Penyimpanan Pangan 3sks B
Tata Letak dan Perencanaan Industri Pangan 3sks A
Metode Penelitian 3sks A
Praktikum Pengawasan Mutu dan Analisis Pangan 2sks A
Pengembangan Produk Pangan 2sks A


Yup! Cuma 1 huruf B dan aku bener-bener senang saat melihat IPku yaitu 3.82! Aaaaw seneng banget walaupun agak jleb gara-gara ada huruf B 1 jadi gak bisa dapat IP Sempurna huhu tapi gapapa aku seneng bangeeeet! Bikin aku semangat. Oke, selanjutnya aku akan menceritakan kesedihanku di Semester 7 hehe. Inilah mata kuliah yang aku ambil.


Praktikum Sanitasi dan Keamanan Pangan 2sks
Praktikum Pengembangan Produk dan Kewirausahaan Pangan 2sks

Dan KRS Proses Akhir!

Praktek Lapangan 3sks
Seminar Usulan Penelitian 1sks
Skripsi 6sks (?)

Pasti kalian yang membaca bertanya-tanya. Kenapa Skripsi ada tanda tanyanya gitu hehe, nanti ku jelaskan ya. Aku akan menceritakan mata kuliah dulu.

Praktikum Sanitasi dan Keamanan Pangan, mata kuliah teorinya sudah ku ambil di semeseter 5. Mata kuliah yang menurutku tidak terlalu susah sih, tentang kebersihan gitu. Ilmu mikrobiologi kita dipakai disini, yap cara-cara inkubasi, perhitungan TPC, pake media agar, dan lainnya. Belajar metode baru seperti metode cakram dan sumur. Belajar banyak deh, untuk menghitung jumlah koloni bakteri, kapang, dan khamir di alat pengolahan, saat pengolahan, pangan yang sudah jadi dan lainnya. Kita juga sempat observasi ke tempat jualan. Waktu itu, aku observasi ke Warkop samping kampus lalu kita amati dari hamanya, kebersihannya, dan lain-lain. Kita juga belajar banyak metode deh juga mengetahui ada apa nggaknya E. Coli. Gak terlalu berat menurutku hehe.

Praktikum Pengembangan Produk dan Kewirausahaan Pangan, ini dia mata kuliah paling ngabisin tenaga, pikiran, waktu, dan uang!!! Yup, walaupun hanya 2sks, praktikum gabungan Pengembangan Produk dan Kewirausaahn Pangan yang sebelumnya sudah ku ambil di semester sebelumnya ini sangaaat melelahkan huhu. Jadi, diakhir semester kita dituntut untuk berjualan produk buatan sendiri. Untungnya, waktu itu aku sekelompok dengan teman-teman yang kompak dan seru. Meski harus bersusah payah. Aku salah pilih kelas, aku memilih kelas yang tidak bersama teman sekelompokku saat teori hehe. Waktu itu, kami melanjutkan pengembangan produk dari kelas teori, berhubung aku tidak sekelas dengan sekelompokku dulu, jadilah aku masuk ke kelompok lain. Dan, kita akan membuat cakwe dengan saus keju. Terlihat mudah bukan? Tapi ternyata tidak hehe, kita harus menemukan resep yang pas dan sesuai. Berulang kali membuat cakwe dan saus keju. Gagal dan sempat ganti-ganti resep. Sempat pula ber’guru’ kepada tukang cakwe langsung haha. Saat UTS kita pun mempresentasikan produk yang akan kita buat. Tidak sembarangan! Kita juga menggunakan strategi bisnis yang sudah diajarkan dalam presentasi. Pokoknya, kayak beneran punya toko sendiri deh hehe. Lalu saat UAS sudah mulai memikirkan kemasan, dan mencari panelis untuk menilai produk kami plus menentukan harga jual. Di bulan Januari produk kami siap di pamerkan di lobby kampus bersaing dengan produk-produk dari kelas lain. Yang membuat special adalah kami membuat celemek khusus hihi, agar menarik konsumen datang ke stand produk kami yang diberikan nama “CAQYOU” (Yang mau liat bisa cek instagram @CAQYOU). Kami jual produk sekitar 30an, aku sama temanku Kak Ima sampai berkeliling kampus seperti sales menawarkan cakwe kami hihi. Dan akhirnya produk kami laku terjuaaaaal semua yeay!!! Saat UAS kami presentasi lagi. Nah, apa yang bikin susah? Ya itu, kita harus masak-masak dan masak sampai menemukan resep yang pas. Tiap kelas kerjaannya masak cakwe keju mulu. Lalu kita cari-cari packaging kesana-kesini, menentukan logo, bikin label, bikin spanduk, bikin celemek, dan kita bikin bussines plan atau proposal bisnis yang bener-bener isi proposal itu mengenai tujuan, dan lain-lain beserta hitungan keuangan BEP, NPV, dan lain-lain yang pernah diajarkan di Ekonomi Teknik. Pokoknya berat banget, tapi kita semua sukses menghadapi ini semua hehe. Sampai sempat aku ke Bekasi untuk mengerjakan ini, kita juga disuruh bikin video pembuatan di Youtube hehe.

Dan aku akan menceritakan KRS Proses Akhir!
Sungguh lelah di semester 7 ini hehe. Aku sidang seminar dulu baru sidang PL. Dan cerita sedihnya, aku gak keburu mengambil Skripsi di semester 7 ini. Dan, yang menyakitkan hanya karena telat beberapa hari dari pendaftaran. Aku mengusahakan ini semua. Agar gak kena bayaran lagi, tapi ya gak ada toleransi. Padahal aku mau cepet-cepet sidang dan kerja. Aku kena bayaran lagi sekitar 6,3juta. Sementara? Wisuda 12 April, dan aku sudah disuruh maju sidang skripsi bulan Maret. Aku gak bisa sidang kalo gak bayaran kuliah dulu. Sungguh menyedihkan. Harapan musnah, kala itu cuma nangis aja. Ya, nangis karena nyesek. Aku udah usaha ini itu tapi kenyataannya? Gak berpihak. Mungkin Allah tau yang terbaik. Setelah bayaran, aku segera ngurus berkas-berkas sidang skripsi. Dan? Kuliah semester 8 pertama tanggal 6 Maret dan aku sidang PL tanggal 9 Maret dan...aku sidang skripsi tanggal 30 Maret. Begitu menyesakkan sampe gak ada lagi rasa deg-degan buat sidang hehe. Yaudah, aku jalanin aja :) Harus tetap semangaaaattt!!! Oiya aku bonusin foto-foto Caqyou hehe

Liat yuk ceritaku mengenai semester 6 di Balada Mahasiswa /i Teknologi Pangan (Semester 6)

Salam semangat!


Luneta







1 komentar:

Posting Komentar

My Birthday :)

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers
 

PURPLE CATZ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review