Powered By Blogger

Sabtu, 28 Februari 2015

Balada Mahasiswa/i Teknologi Pangan (Semester 3)

Diposting oleh Luneta Aurelia Fatma di 08.50.00
Halloooooo!!!

Haaaafffff udah lama gak curhat unyu. Libur gak berasa banget, saking sibuknya nih. Pusing banget rasanya banyak kegiatan :( Sampai lupa mau ngepost mengenai masa-masa menjadi mahasiswi di jurusan teknologi pangan. Yaaap, ketemu lagi nih sama aku yang bakalan cerita banyak mengenai jatuh bangunnya semester 3 huhu ayey! Gak nyangka udah semester 4 sekarang ya. Pokoknya semester 3 badayyy banget deh mata kuliahnya huhu. Sampai kayak mau mati *lebay* Di semester 2 lalu, jatuh bangun banget karena rata-rata mata kuliah berbau Fisika! Ewwwwh! Gak suka deh Fisika
Inilah nilai yang aku capai di semester 2 :

Kalkulus 3sks B
Agama Islam 2sks A
Manajemen Perusahaan Industri  2sks A
Bahasa Inggris I 2sks B
Praktikum Kimia Analitik 1sks B
Kimia Analitik 2sks  B
Fisika 2sks B
Biologi dan Lingkungan 2sks C
Teknologi Pengolahan Pangan Nabati 2sks C
Kimia Fisik 2sks B

 Ternyata gak sesuai ekspektasi, nilai yang ada Fisikanya malah B :') Haha. Sedih liat nilai semester 2, dan kayaknya nilai semster 3 juga jatuh bangun banget deh huhu. Susah banget, bagi waktunya juga susah :( Ini dia mata kuliah yang aku ambil di semester 3.

Biokimia 3sks
Kimia Pangan 3sks
Statistika 3sks
Bahasa Inggris II 2sks
Praktikum Mikrobiologi Pangan 1sks
Mikrobiologi Pangan 2sks
Pangan Fungsional 2sks
Bioteknologi Pangan 2sks
Teknologi Pengolahan Pangan Hewani 2sks
Bahan Tambahan Pangan 2sks
Manajemen Industri Pelayanan Makanan 2sks

Banyak yap? Karena semster ganjil lalu (Semester 1) aku berhasil mendapatkan nilai di atas 2.75 maka berhak mengambil 24 sks. Ya kesempatan dong? Kapan lagi? Jadinya di semester 3 aku ambil 24 sks. Ada satu kelas bersama senior semester 5 dan ada satu kelas yang kayak kelas private, kayak kelas pas lagi bimbel cuma ada kurang dari 15 orang hehe :') Kondusif sih tapi sepi banget, ngerasa kayak ada yang kurang hehe.
Jadi anak 24 sks gak gampang. Seriusan, apalagi orang yang sok-sokan sibuk kayak aku. Harus pinter manage waktu. Aku harus bisa bagi waktu buat Padus, EHD, BEM, dan lain-lain. Harus professional atau lebih tepatnya di tuntut menjadi professional sanggup atau gak sanggup. Ya, namanya amanah harus di selesaikan. Masa mau nyerah di tengah jalan? Udah gitu, harus berjuang dengan rasa males, dan rasa iri ngeliat anak-anak 21sks libur dan gak ada kelas. Males ketika mereka libur, kita harus masuk. Males ketika mereka udah gak ada ujian, kita masih ada. Males ketika mereka udah bebas dari tugas, tugas kita masih numpuk. Yah, namanya juga pilihan ya :')
Di Semester 3 ini banyak banget tantangannya bagiku. Yap, terutama dari mata kuliahnya yang rata-rata hapalan. Aku gak jago banget masalah hapalan walaupun sebenernya aku suka. Tapi kemampuan otak gak bisa bohong hehe. Masalah lagi di materi Bahan Tambahan Pangan yang banyaaaak banget dan yang lebih parah semuanya penting! Aku harus ngeprint dan buang-buang kertas, berhubung waktu itu hp aku masih Blackberry huhu jadi ga bisa buka ppt di hp. Dan lebih parahnya printerku lelah dan akhirnya menyerah untuk bertugas alias rusak. Materi dimana-mana sampai lupa naronya. Enaknya mata kuliah satu dan yang lain saling berhubungan dan rata-rata pembahasannya nyaris sama. Tapi, terkadang karena kesamaan itulah kadang di otak jadi ketuker tuker hehe :"
Lain lagi dengan Statistika. Yaampuuun, aku kira gampang karena setahu aku saat kuliah statistika adalah salah satu pelajaran matematika yang aku suka. Tapi, ternyata di kuliah? Hmm...awal kuliah masih asik-asik aja, masih ngerti, Pas ada soal masih bisa. Pas UTS ya lumayan lah bisa, apalagi open book, tapi pas selesai UAS dan materi baru. Aku bener-bener gak paham! Sampai-sampai setiap statistik duduk deket orang yang ngerti dan duduk di depan. Berusaha minta di ajarin, susah banget deh menurutku walaupun UAS openbook. Permasalahannya lagi bukunya tebel banget dan bahasanya berat. Huwaaaa rasanya mau mati di bunuh statistika! Dan, parah banget pas UAS tiba aku bener-bener lagi unmood, belum belajar, pikiran bercabang, tugas belum selesai, dan ternyata pas di kereta aku baru sadar bukuku ketinggalan di rumah. Rasanya sakit hati sampai nangis di kereta. Langsung flashback gimana perjuangan buat belajar selama pelajaran Statistika. Pas sampai ruang ujian pasrah. Untung ada beberapa temen yang baik minjemin catetan dan buku huhu. Untung juga aku masih ngerti sama soalnya. Alhamdullilah bersyukur banget!
Semester 3 juga lagi booming banget Inkubator Bisnis di Tekpang Usahid sampai kita menangin lomba karena produk yang di buat. Alhamdullilah ada prestastinya hehe.
Semester 3 bener-bener ngerasa kuliah di sains itu susah banget gak kayak social. Bayangin, nyentuh IP 3 itu susah banget rasanya. Meskipun udah belajar, tapi materi begitu banyak. Gak sanggup semuanya masuk otak, Belum lagi ada dosen-dosen yang gak mau ngertiin dan maunya cuma di ngertiin hehe -_-
Ya, tapi dari situ pengalaman juga sih. Dan motivasi biar cepet lulus, ya semoga aja aku bisa ngambil 24sks terus dan lulus 3.5 tahun. Amin.
Oh...jadi ini kuliah yang sebenernya. Gak boleh diam sejenak pasti kita akan ketinggalan. Istirahat sih boleh, tapi inget batas-batas. Bagi kalian yang ingin ambil jurusan Teknologi Pangan jangan takut untuk berjuang. Karena semuanya butuh proses, ngeluh sih boleh tapi terus bergerak maju. Semangaaaat!!!

Sekian cerita Semester 3nya, di semester ini juga jarang kongkow saking sibuknya hehe. Tapi, setiap perjuangan pasti selalu ada hasil. Hehe, semoga kedepannya selalu menjadi yang lebih baik. Amin.

Salam Meong,

Inet

Oh iya kalau mau liat kisah aku di Semester 2 ini linknya Balada Mahasiswa/i Teknologi Pangan (Semester 2)

0 komentar:

Posting Komentar

My Birthday :)

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers
 

PURPLE CATZ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review